Install MySQL Server di Mac OSX El Capitan

Huft, beberapa waktu lalu saya harus menurunkan versi OSX El Capitan MBP saya dr Versi Developer Beta ke Versi sebelumnya yang sudah stabil karena iTunes Connect ga bisa nerima file .ipa hasil build dari OSX yang masih developer preview. File .ipa yang diunggah ke iTunes Connect harus hasil build dari OSX yang sudah stabil. Saya juga baru tahu kemarin, setelah mengunggah sebuah aplikasi dengan cukup lama, eh ternyata ditolak. Mirip kayak percintaan, PDKT-nya lama, eh akhirnya ditolak.

Problem muncul di sini. Setelah downgrade, ternyata banyak settingan service di laptop saya kembali ke pengaturan awal, seperti Apache2 Web Server, trus homebrew juga.

Karena si homebrew ada pembaharuan, akhirnya saya putuskan untuk memperbarui versi dari homebrew. Eh, mungkin teledor kali yak.. saya lupa backup data, settingan, dll. Waktu itu saya lupa ngapain, dan ternyata server MySQL di MBP saya ndak bisa jalan karena ada file yang hilang. Oke, kemarin gebetan yang ilang, sekarang file.

Aghrr.. tanpa pikir panjang, karena harus lanjut ngerjain sesuatu, saya putuskan untuk install ulang MySQL server di MBP saya. Kali ini saya beruntung, karena sudah backup data penting ke server. Waktu saya install ulang, ada perintah “Deleting old files and configurations”, ha rak yo saya kaget mak badalah to ya.. 😐 Jadi, jangan lupa kalau mau install ulang sesuatu itu harus backup dulu. Soal percintaan, hmmm.. perlu backup ga sih? #duh

Oke, jadi gini, daripada saya lupa gimana cara install MySQL server di OSX El Capitan, mending saya tulis di sini.

  1. Download versi terakhirnya di http://dev.mysql.com/downloads/mysql/
  2. Ikutin aja perintah install-nya di sana, tinggal next next next doang.
  3. Setelah menginstall, kita bakalan dapet temporary password kayak gini:

  4. Habis itu, mulai menjalankan servernya melalui System Preferences > MySQL > Start MySQL Server5.

  5. Login ke mysql melalui Terminal

    Buka Aplikasi Terminal, kemudian masukkan perintah berikut:

    $ mysql -u root -p

    lalu masukkan password temporary yang kita dapet tadi.

  6. Ganti password untuk user root

    SET PASSWORD FOR 'root'@'localhost' = PASSWORD('PasswordBaru');

Udah gitu aja kok, gampang 🙂

4 thoughts on “Install MySQL Server di Mac OSX El Capitan

Leave a Reply