Setup Apache dan PHP di OSX El Capitan

Sepertinya ini hal yang umum dan sudah banyak kita temui tutorial-tutorial di internet tentang setup Apache web server dan PHP di OSX El Capitan. Berawal dari tugas akhir skripsi yang akhirnya mengharuskan untuk memasang apalah ini itu dan sebagainya di laptop pribadi. Dari pada lupa, mending ditulis aja.

Setup Apache2 web server

Sebenarnya si OSX El Capitan ini sudah ada bawaan Apache web servernya, kita tinggal jalankan aja servicenya. Buka aplikasi terminal dan jalankan perintah berikut:

$ sudo apachectl start

Untuk menjalan service apache2 di komputer OSX. Buat test apakah udah jalan apa belum, silahkan buka web browser, kemudian buka “http://localhost”.

Dokumen root untuk server berada di /Library/WebServer/Documents/. Untuk mengubah pengaturan dari apache web server, bisa edit beberapa pengaturan di /etc/apache2/httpd.conf

Setup PHP di Apache2

PHP di OSX El Capitan juga sebenarnya udah ada, tinggal jalanin aja. Jalanin dulu aja, urusan mau lanjut entar belakangan..

Buka file /etc/apache2/httpd.conf:

$ sudo nano /etc/apache2/httpd.conf

Kemudian cari

#LoadModule php5_module libexec/apache2/libphp5.so

hilangkan “#” menjadi

LoadModule php5_module libexec/apache2/libphp5.so

setelah itu jalankan lagi di terminal

$ sudo apachectl restart

Untuk menguji apakah PHP sudah jalan di apache apa belum, buatlah file di /Library/WebServer/Documents/ dengan nama info.php. Ketikkan kode berikut:

<?php phpinfo(); ?>

Lalu simpan.

Buka web browser kemudian masukkan di form url http://localhost/info.php.

Kita bisa lihat pengaturan PHP yang sudah kita pasang.

Begitulah kira-kira.. 😀

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.