Sim Internasional

Pengalaman Membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) Internasional

Sebagai traveler sejati yang ingin keliling dunia, pastinya pengen banget bisa mengemudi kendaraan di negara tempat singgah. Roadtrip misalnya, mengemudi campervan di New Zealand, keliling eropa dengan mobil, atau offroad di Gurun Sahara, pasti asyik, mantul!. Nah, buat bisa mengemudi kendaraan di berbagai negara, kita butuh Surat Izin Mengemudi (SIM) Internasional. SIM Internasional juga menjadi syarat untuk menyewa kendaraan di luar negeri.

SIM Internasional bisa kita dapat dengan cara mendaftar dan membayar biaya administrasi. Caranya sangat mudah sekarang, paperless, ya meskipun kita tetap harus datang ke Korlantas Polri SIM Internasional di Jl. Letjen M.T. Haryono No.37-38, Jakarta Selatan.

Apa aja sih yang perlu dipersiapkan untuk membuat SIM Internasional, yaitu:

  1. Ketahui terlebih dahulu golongan SIM Internasional dan peruntukannya. Sesuaikan dengan kebutuhan kita.
  2. Siapkan SIM asli, tanpa fotocopy
  3. Siapkan KTP asli, tanpa fotocopy
  4. Siapkan Passport asli, tanpa fotocopy
  5. Mendaftar secara online di http://sim.korlantas.polri.go.id/sim-internasional/ dan tentukan jadwal untuk hadir verifikasi data, foto dan rekam informasi sidik jari.
  6. Materai Rp6.000,00
  7. Biaya pembuatan SIM internasional baru adalah Rp.250.000,- sedangkan biaya perpanjang adalah Rp.225.000.

Dari beberapa sumber menjelaskan harus menyertakan foto diri dengan background biru ukuran 4×6, dan fotocopy dokumen, saat ini tidak perlu. Saya membuat SIM Internasional pada tanggal 17 Desember 2019, hanya menyiapkan syarat-syarat di atas. Semua photocopy document dikembalikan.

Cara daftarnya gampang, tinggal isi formulir secara online, simpan pdf di HP/print jika kamu pengen ngeprint, lalu datang ke Korlantas Polri SIM Internasional di Jl. Letjen M.T. Haryono No.37-38, Jakarta Selatan untuk mengambil nomor antrian. Nunggu dipanggil, tunjukin bukti pendaftaran online, bayar, foto dan rekam sidik jari, dan FINISH! SIM Internasional sudah dapat dibawa.

Proses buat SIM Internasional tidak lama, sekitar 15 menit saja. Layanan SIM Internasional hanya dilayani mulai pukul 08.00 WIB – 11.00 WIB pada hari kerja.

Yak, begitulah caranya.. Semoga artikel ini bermanfaat.. Jangan lupa ambil cuti ya.. Yuk liburan.. 😀

6 comments

Leave a Reply