Alternatif Kanvas Rem Cakram Depan Kawasaki Z250 atau Ninja 250 Fi

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang mengganti kanvas rem cakram depan Kawasaki Z250/Ninja250fi dengan alternatif sparepart yang lebih murah/terjangkau.

Sebagai biker pemula tentu kan ya saya kaget saat beberapa waktu lalu kok tiba-tiba rem depan berbunyi srek-srek-srek saat rem ditekan. Tidak hanya bunyi yang mengganggu, tapi rem pun serasa tidak pakem. Waktu sampai tujuan, saya cek ternyata kavas remnya habis.

Waduh, untung masih diberi keselamatan sampai tujuan.

Sering kan kita dengar keluhan para pemilik sepeda motor merk Kawasaki tentang harga spare part-nya. Ya memang, harga spare part asli Kawasaki memang mahal. Di kasus saya ini, harga kanvas untuk rem cakram Kawasaki Z250/Ninja250Fi dibandrol dengan harga sekitar 250-250 ribu rupiah.

Haduh.. lumayan ya? Tapi tenang, ternyata untuk part ini, kita bisa cari alternatif penggantinya. Pas coba cari-cari di Internet, saya menemukan banyak artikel tentang pengganti spare part asli kanvas rem Kawasaki Z250/Ninja250fi, yaitu kanvas Honda Supra X125 lama atau yang masih karbu.

Yak, ternyata benar, bentuk dan ukuran kanvas ini memang sama. Tahukah harganya? Kemarin saya beli Kanvas rem depan Honda Supra X125 dengan harga Rp45.000,00. Waow amazing… cukup hemat.

Biker sejati dong yhaa… kalau bisa sih bongkar sendiri. Akhirnya saya bongkar ganti sendiri kanvas remnya. Gak sulit kok, cuma butuh kunci T ukuran 10 dan 12. Juga jangan lupa kunci L ukuran … duh lupa :D.

Uhhhuuiii.. kalau cuma ganti kanvas rem aja… gampang.. bisa dong… lumayan hemat 200-300 ribu Rupiah.

Jangan takut guys buat cobain ganti sendiri. Gampang kok.. yang jelas lebih hemat kan ya.. hehehehe

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.